ISENG BLOGER

Cara mudah import email Outlook ke Thunderbird



Outlook to ThunderbirdCara mudah import email Outlook ke Thunderbird telah banyak tutorialnya di internet, tapi ada beberapa kasus khusus yang agak sulit cari di internet. Kalau kasusnya hanya import dari outlook ke thunderbird saja sih mudah saja solusinya, pada thunderbird buka menu Option -> Import, kemudian pada jendela Import pilih option Mail dan klik Next, sekejap email dari outlook sudah pindah ke Thunderbird.
Kasus khusus disini contohnya pada kasus saya, email outlook menggunakan Windows 7 dan Thunderbird menggunakan Linux mint. Tidak semua email yang ada di Outlook berhasil di import ke Thunderbird, entah mengapa. Email di outlook ada sekitar 2000 email, namun yang berhasil di import hanya 60 email saja, dan itupun belum pada folder sent item dan folder-folder lainnya.
Mungkin cara terbaik adalah mengexport email outlook menjadi *.pst file, kemudian di import file tersebut ke Thunderbird, namun sayangnya fitur tersebut belum ada di thunderbird, hmm…
Aaah mungkin ada add on thunderbird untuk mengimport dari pst file ke thunderbird, akhirnya Om Google pun menjadi tempat andalan untuk mencari add on tersebut. Setelah sekian lama mencari akhirnya pilihan jatuh ke add onImportExportTools. Saya coba donlot dan install add on tersebut ke Thunderbird saya.
Kemudian pada linux mint saya donlot package readpst, agar linux saya dapat membaca file pst dari outlook windows 7. Untuk menginstallnya buka console dan ketikkan:
sudo apt-get install readpst
masukkan password linux anda jika ditanyakan. Instalasi paket pun berjalan. copy kan file *.pst yang sudah anda buat ke folder misalnya:
home/user/Download/outlook.pst
Agar thunderbird dapat membaca file *.pst, anda dapat menjalankan perintah berikut:
cd /home/user/Downloads
mkdir outlook
readpst -o ./outlook -M -u -w -e -b outlook.pst
Disini saya buat folder outlook untuk menampung hasil extrak file *.pst tersebut. Jika sudah selesai dapat anda cek di folder download/outlook hasil ektrak file pst tersebut.
Langkah selanjutnya di Thunderbird pilih menu Tools -> ImportExportTools -> import all messages from a directory -> also from its subdirectories. Dan jreeenggg!!! Semua email yang ada di Outlook pun pindah ke Thunderbird. Itulah cara mudah import email Outlook ke Thunderbird, mudah bukan?


Responses

0 Respones to "Cara mudah import email Outlook ke Thunderbird"

Posting Komentar

 

Categories

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2012 | Iseng Bloger Converted into Blogger Template by Riyan Apri