ISENG BLOGER

★ Mobil Listrik 'Imut' Made In Banyuwangi



http://images.detik.com/content/2013/08/30/1036/mobillistriklucu.jpgJakarta - Tren mobil listrik terlihat mulai berkembang di Indonesia. Mulai dari Menteri BUMN Dahlan Iskan, hingga kini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ikutan memproduksi mobil.

Kini perusahaan asal Banyuwangi tak mau ketinggalan.

PT Lundin Industry Invest memproduksi mobil listrik murah berkapasitas 3 orang penumpang. Salah satu Direksi, Per Brandt mengungkapkan, mobil ini termasuk mobil yang hemat dan tergolong murah.

"Kita tidak tahu harga pastinya, karena batereinya masih impor. Tapi sekarang dengan mengimpor baterai, harganya Rp 80-90 juta. Kalau bisa diproduksi di Indonesia batereinya dan diproduksi massal, saya yakin akan bisa lebih murah," kata Brandt saat ditemui detikFinance di Pameran Hakteknas di TMII, Jaktim, dikutip Jumat (30/8/2013).

Mobil ini memiliki desain aerodinamis, unik, dan sangat cocok untuk kendaraan keluarga yang sederhana, meski terlihat agak mewah. Mobil ini mampu digenjot hingga kecepatan maksimal 50 kilometer/jam, dan tergolong sangat mudah untuk mengoperasikannya.

"Sangat mudah untuk mengisi batereinya, karena ada kabel yang terintegrasi langsung dan tinggal menghubungkannya ke stop kontak. 2-3 jam waktu mengisi sampai full, dan bisa menembus 60 kilometer," paparnya.

Mobil yang diberi nama Z-bee ini memiliki berat 200 kilogram, dan hemat energi dalam konsumsi listriknya. Hanya memerlukan daya 40 watt dalam 1 jam pengisian batrei. Selain itu, dalam beberapa waktu ke depan, Brandt akan menemui Kementerian Perhubungan untuk melakukan uji dari mobil yang disebut kendaraan paling ekonomis di dunia ini.

"Mobil ini juga telah diterima di lalu lintas di Eropa. Dalam beberapa minggu kita akan melakukan uji di Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Keseluruhan pembuatan dibuat di Banyuwangi, Jawa Timur dan sedikit mengadopsi teknologi dari Swedia. Brandt menuturkan, dirinya sempat beberapa kali bertemu dengan Pemprov DKI Jakarta dalam memperkenalkan mobil ini.(zul/dru)


  detik 


Responses

0 Respones to "★ Mobil Listrik 'Imut' Made In Banyuwangi"

Posting Komentar

 

Categories

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2012 | Iseng Bloger Converted into Blogger Template by Riyan Apri